SEJARAH BERDIRINYA PEPTIUS - Tanjab Tempo Doeloe
Headlines News :
Home » » SEJARAH BERDIRINYA PEPTIUS

SEJARAH BERDIRINYA PEPTIUS

Written By Tungkal on Monday, February 17, 2014 | 4:47 PM



Berdirinya PEPTIUS


Pada tahun 1957 dibentuklah organisasi PEPTIUS (Persatuan Pelajar Tungkal Ilir, Ulu dan Sekitarnya) dan berkembang yang didirikan di Jambi, Bukit Tinggi, Jakarta, Jogjakarta dan Banjar. Diprakarsai oleh pelajar PHI dengan ketua pertama (KH) Said Magwie dan sekretaris (KH) Abdul Halim Kasim.[1] 

  


Keterangan photo:
Atas, dari kiri ke kanan: Abdi, Jahri SH, (H.) Matnor, M. Jumli Saman, (BA), Tanthowi, Arsyad, Shiddiq, Abdurrahman, Zainal Arifin (Mantan Pasirah) dan Nazar Lukman.
Bawah, dari kiri ke kanan:
Jalil, (H.) Abdurrahman, H. Aspani (Polisi/Pelinding), (KH.) Said Magewi (Ketua), (KH.) Abdul Halim Kasim (SH) (Sekretaris), Abdurrahman dan M. Yunus. (Photo, 16 Maret 1958)
 


Organisasi ini dibentuk pada tahun 1957. Dikarenakan terjadinya pemberontakan PRRI di Padang, maka para pelajar Tanjung Jabung pulang ke kampung halamannya masing-masing, dan organisasi ini bubar dengan sendirinya. Tidak ada seorangpun dari mereka yang menamatkan pendidikan di Bukit Tinggi. Mereka belajar di beberapa sekolah, seperti SMI (Sekolah Menengah Islam) Bukit Tinggi, Sekolah Pertanian Kayu Tanam, SMEP (Sekolah Menengah Ekonomi Pertama) Bukit Tinggi, Ponpes Parabek Bukit Tinggi. Di antara mereka ada yang melanjutkan studinya di Jogjakarta. 


[1]KH. Abdul Halim Kasim, SH. Wawancara, (Jum’at, 20 Agustus 2010).

Bahri, Syamsul, Perguruan Hidayatul Islamiyah (PHI): Modernisasi Pendidikan Islam di Tanah Tungkal, (2012), hlm. 105-111 dan 138-139.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Tanjab Tempo Doeloe - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya