SEJARAH BERDIRINYA TDM KUALA TUNGKAL - Tanjab Tempo Doeloe
Headlines News :
Home » » SEJARAH BERDIRINYA TDM KUALA TUNGKAL

SEJARAH BERDIRINYA TDM KUALA TUNGKAL

Written By Tungkal on Tuesday, February 18, 2014 | 12:28 AM





Berdirinya TDM


Pada tahun 1962, dibentuklah sebuah organisasi yang diberi Tarbiyyah al-Da’wa wal Mudzakarah (TDM) yang diperakarsai oleh (KH.) Said Magwie, (KH.) Abdul Halim Kasim, SH, Hasan Basuni dan Jauhanshah dan (KH.) M. Ali Wahab.[1] Kemudian diangkatlah sebagai Ketua (KH.) M. Ali Wahab dan Sekretaris (KH.) Fuad Damhuzi, ZA, BA.[2]
Organisasi Tarbiyyatud Da’wah wal Muzakarah Kuala Tungkal yang berdiri pada tahun 1962.
Dari bawah kiri ke kanan: H. Ghazali, M. Sata’ Nasir, Abdul Halim Kasim, Said Magewi, H. Ahmad Basri HAM, H. Ali Wahab.
Dari tengah kiri ke kanan: Abdul Manaf, Abdul Hamid, Asfan, Nazar Lukman, Ambo’ Tang,…………, Hasanuddin.
Dari berdiri kiri ke kanan: Kasyful, Fuad Damhuzi, Hasan Basuni, Drs. Hasbi, Nungcik dan Salman. 
(6 Maret 1963/11 Syawal 1382)




[1]KH. Abdul Halim Kasim, Wawancara. tgl. 20 Agustus 2010.
[2]MA PHI, Nafasatul Khawathir, (Kuala Tungkal: MA PHI, 2001), hlm. 53. Di antara kegiatannya sebagaimana termaktub dalam sebuah surat undangan seperti berikut yaitu; dalam rangka menyambut dan memamfaatkan bulan ramadhan, kami dari pimpinan Tarbiyah Da’wah wal Muzakarah bermaksud untuk mengadakan kursus da’wah Islamiyah yang akan dilangsungkan semenjak tanggal 26 November s/d 9 Desember 1968, bertempat di gedung SMAI (Sekolah Menengah Atas Islam) Kuala Tungkal.
Sehubungan dengan itu, bersama ini kami mohon kepada bapak, kiranya bapak tidak berkeberatan untuk tenaga/memberikan pelajaran/kuliah pada kursus da’wah Islamiyah yang kami adakan itu. Kemudian bersama ini pula kami sampaikan kepada Bapak daftar mata pelajaran/mata kuliah kursus Da’wah Islamiyah. Daftar mata pelajaran/maka kuliah kursus Da’wah Islamiyah tersebut disampaikan dengan hormat kepada bapak.
A.       1) Hasanuddin Kamaruddin Bupati KDH Kabupaten Tanjung Jabung dengan fak pelajaran tata negara, 2) Nazaruddin, BA Jaksa Kuala Tungkal dengan fak pelajaran ethmologi, 3) Harbowo, BA Kepala Kantor Sosial Kabupaten Tanjung Jabung dengan fak pelajaran sosiologi, 4) M. Jasqien Erwanto muballigh Islam keliling dengan fak pelajaran pengantar ilmu dakwah, ilmu retorica (ilmu cara beridato), 5) perbandingan agama dan Islamologi (ilmu pengetahuan tentang Islam), 6) M. Hasbi Djas, BA guru SMA Persiapan Negeri Kuala Tungkal dengan fak pelajaran sejarah Islam, 7) Lukman Hakim Direktur SMPN Kuala Tungkal dengan fak pelajaran metodik-didaktik, 8) KH. Said Magwie, BA Ketua Mahkamah Syari’ah Kuala Tungkal dengan pelajaran pengantar ilmu berorganisasi, 9) KH. M. Shaleh Ramlie guru SP IAIN Kuala Tungkal dengan fak pelajaran ilmu falak, 10) Suprapto Jaksa Kuala Tungkal dengan pelajaran ilmu jiwa umum dan masyarakat, 11) Hasan Basunie ketua bidang da’wak TDM dengan fak pelajaran ideologi Islam dan pembinaan hukum Islam.
B.       1) Drs. Matusin Abin Danres Kepolisian Tanjung Jabung dengan mata kuliah kriminologi, 2) K. A. Hafaz, SH Kepala Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal dengan mata kuliah hukum perdata, 3) Hasan Zaini Dandim 0419 Tanjung Jabung dengan mata kuliah hankam (pertahanan keamanan), 4) Hasuf Syakur Sekretaris Bupati Tanjab dengan mata kuliah pancasila/UUD 1945, 5) Drs. Purnomo Kepala BNI Unit III Kuala Tungkal dengan mata kuliah perbankan, 6) KH. M. Nasir Kepala dinas Urusan Agama Tanjab dengan mata kuliah struktur departemen agama RI, 7) KH. M. Daud Arif Ketua BKPA Kuala Tungkal dengan mata kuliah fungsi ‘alim ulama, 8) KH. M. Ali Maksum Mudir Madrasah Perguruan Islam (MPI) Teluk Nilau dengan mata kuliah Ahlussunnah wal jama’ah, 9) KH. Abdul Kadir Jailani Kepala Dinas Pendidikan Agama Tanjung Jabung dengan mata kuliah pendidikan Islam.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Tanjab Tempo Doeloe - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya