SEJARAH BERDIRINYA YPHI KUALA TUNGKAL - Tanjab Tempo Doeloe
Headlines News :
Home » » SEJARAH BERDIRINYA YPHI KUALA TUNGKAL

SEJARAH BERDIRINYA YPHI KUALA TUNGKAL

Written By Tungkal on Tuesday, February 18, 2014 | 12:17 AM



Berdirinya YPHI (Yayasan Perguruan Hidayatul Islamiyah)

Sebagaimana lazimnya suatu lembaga pendidikan agar dapat berjalan normal dan terjaga kontinuitasnya tentu saja memerlukan suatu sistem yang terpola dan terpadu. Di MHI pada mulanya tidak terdapat lembaga-lembaga khusus yang membantu dan mengawasi kinerja-kinerja pimpinan pondok pesantren dan staf-stafnya. Kemudian untuk memantapkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan Islam, maka tahun 1960 MHI mendirikan yayasan yang diberi nama Yayasan Perguruan Hidayatul Islamiyah (YPHI). Dengan demikian, maka di tempat-tempat lain dalm Daerah Provinsi Jambi dapat didirikan cabang-cabang atau perwakilan atau Anak Cabang Yayasan.[1] Sejak itulah MHI (Madrasah Hidayatul Islamiyah) berubah nama menjadi PHI (Perguruan Hidayatul Islamiyah) dan berkembang dengan pesat.[2] Setelah mendapatkan ketetapan Badan Hukum, maka dengan ini, berarti penyelenggaraan dan pengelolaan MHI ditangani oleh sebuah organisasi berbadan hukum berbentuk yayasan yang diketuai oleh H. M. Daud Arif.
Adapun tujuan dibentuknya YPHI adalah agar dapat memperlancar roda pendidikan baik dalam hubungan intern maupun ekstern MHI dan agar keberadaannya lebih dapat dikenal masyarakat luas serta dapat ditingkatkan kedudukannya, selain itu juga agar semakin diakui. Kemudian disusunlah Pengurus YPHI dan sekaligus AD/ART yang dibuat di hadapan Adi Putera Parlindungan, Bakalorat di Jambi. Susunan Dewan Pengurus YPHI No. 42 Tanggal 30 Mei 1960, yaitu:
Ketua                     : H. M. Daud Arif.
Wakil Ketua          : KH. M. Ardhie.
Bendahara            : KH. Abdurrahman Hakim.
Pembantu             : KH. Abdul Kadir, KH. M. Saleh Ramli, K. Abdul Hamid Hasan, KH. Abdul Hamid Hasan, Uztadz Masrani Kamar, Bapak H. M. Said (pedagang), Bapak H. Makmur (pedagang), Bapak H. Djafrie (pedagang), Bapak Harun Zaini (pedagang), Datuk Asmuni (pemuka Masyarakat).
Sekretaris             : KH. M. Arsyad dan KH. M. Ali Wahab.
Wakil Sekretaris   : KH. Kastalani Ali. [3]

            Setelah dibentuknya pengurus, maka YPHI diresmikan berdirinya pada tanggal 24 Juli 1960.[4]



[1]Catatan mengenai Akta YPHI. Dokumentasi, (30 Mei 1960).
[2]KH. Abdul Halim Kasim, SH. Sejarah Singkat Perguruan Hidayatul Islamiyah Kuala Tungkal, (YPHI Kuala Tungkal, 1997), hlm. 9.
[3]KH. M. Arsyad. Dokumentasi, (1960).
[4]YPHI. Dokumentasi (Buku Tanda Jasa Amal Bakti Yayasan Yayasan Perguruan Hidayatul Islamiyah Kuala Tungkal Tanggal 24 Juli 1960).
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Tanjab Tempo Doeloe - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya